Penyebab Amandel dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Penyebab Amandel dan Cara Mengatasinya – Dalam istilah kedokteran, amandel disebut juga tonsil. Seseorang yang terkena amandel biasanya akan mengalami sakit pada tenggorokan, sering merasa sakit kepala dan ketika menelan terasa sakit. Jika hal tersebut menimpa anda, dapat dipastikan bahwa anda terkena penyakit amandel. Salah satu penyebab utama amandel adalah faktor makanan. Hampir 70% makanan yang biasa kita konsumsi seperti gorengan, minuman dingin, makanan berminyak dan makanan pedas dapat memicu perkembangan bakteri pada kerongkongan.



Radang amandel terbagi menjadi dua bagian yaitu radang amandel akut dan radang amandel kronis. Pada umumnya, radang amandel akut dapat terjadi setidaknya selama satu minggu sedangkan untuk radang amandel kronis dapat terjadi sebanyak lima kali dalam satu tahun. Apapun jenis amandel itu tentu kita harus mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi amandel diantaranya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Amandel


1. Menggunakan Jeruk Nipis

Amandel dapat diatasi dengan cara alami salah satunya menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitmain C yang dimilikinya, mampu menjaga kekebalan tubuh dan mengobati amandel karena jeruk nipis akan membuat infeksi dan peradangan yang menyebabkan amandel menjadi berkurang. Cara menggunakannya, peras jeruk nipis dan tambahkan kapur sirih setelah itu minum larutan ini secara rutin 2 – 3 kali sehari.

2. Daun Benalu

Daun benalu dipercaya dapat mengobati peradangan pada amandel caranya dengan menumbuk daun benalu kemudian tambahkan sedikit adas pulo waras. Tumbuh kingga halus setelah itu saring hasil tumbukan dan seduh menggunakan air panas. Minum ramuan ini secara rutin hingga amandel ana sembuh total.

3. Bawang Merah

Sebagai rempah-rempah, Bawang Merah memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan rasa padas dan peradangan yang disebabkan karena amandel. Cara memanfaatkan bawang merah sebagai obat amandel yaitu dengan mengunyahnya hingga halus kemudian telan. Tindakan ini sangat membantu dalam proses penyembuhan radang pada amandel.

4. Buah mengkudu

Meskipun jarang disukai tetapi mengkudu memiliki segudang manfaat bagi tubuh salah satunya untuk mengatasi radang amandel. Cara mengolah buah mengkudu menjadi obat tradisional yaitu dengan cara diperas dan disaring hingga keluar airnya. Buah mengkudu yang digunakan adalah mengkudu yang telah masak, setelah diperas? Tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih manis setelah itu minum secara teratur.

5. Kulit Manggis

Tidak diragukan lagi, kulit manggis memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan radang amandel. Penyakit ini memang kerap mengganggu karena menyebabkan sakit pada tenggorokan terutama ketika makan. Olah kulit manggis menjadi obat yaitu dengan cara merebus kulit manggis yang telah dikeringkan hingga mendidih lalu gunakan untuk berkumur.

Demikian beberapa penyebab amandel dan cara mengatasi amandel yang bisa anda lakukan dengan menggunakan ramuan-ramuan herbal. Obat herbal lebih ampuh dan aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
Penyebab Amandel dan Cara Mengatasinya | Blog Adhwa | 5
Comments
0 Comments

Back To Top