Jika Anak Bertubuh Kurus

Advertisement
Banyak faktor yang menyebabkan tubuh buat hati kurus selain dari faktor kesehatan. Namun, faktor utama yang menyebabkan anak kurus adalah dari faktor keturunan. Diberi makan sebanyak apapun juga, ia akan tetap kurus. Anak lain mungkin kurus, karena nafsu makannya hilang. Sikap orangtua yang terlampau menjejalinya makanan membuat ia jemu makan. Anak yang takut akan polisi, setan, jin, orang mati atau kalau takut orangtua pergi meninggalkan mereka, akan kehilangan nafsu makan dan menjadi kurus. Seorang adik yang selalu iri pada kakaknya, akan menghabiskan tenaga yang cukup banyak, sehingga tidak bisa tenang di waktu makan. Seorang anak menjadi kurus, jika ia kurang makan atau penggunaan energinya yang berlebihan.

Di negara-negara berkembang, banyak anak menjadi sangat kurus, karena orangtua tidak tahu atau tidak mampu menyediakan makanan yang dibutuhkan tubuhnya. Ada sejumlah penyakit menahun yang menyebabkan anak menderita kekurangan gizi. Anak yang menjadi kurus karena suatu penyakit biasanya akan pulih kembali jika ia telah sembuh.

Anak yang mendadak kehilangan sejumlah berat badannya, harus diperiksa ke dokter. Mungkin beberapa penyakit menyerang mereka dan membutuhkan perawatan dokter.





Jika Anak Anda Kurus


Tentu saja jika anak tampak sehat dan bahagia, Anda tidak usah kahwatir. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau Anda mau membawanya ke dokter untuk memeriksanya dengan teliti. Anak yang berbadan kurus, ia tidak bertambah berat badannya dan terus menerus letih, mungkin menderita gangguan emosi.

Tips memberi makan untuk anak yang kurus
  • Makanan kecil diantara dua waktu makan, sangatlah baik untuk anak yang kurus, lambungnya yang kecil, sehingga tidak bisa diisi banyak sekaligus. Makan dengan porsi lebih sering akan sangat menolong bagi mereka yang kurus.
  • Biarkan anak makan makanan yang ia sukai. Bila ia memilih makanan cuci mulut dan tidak mau makan nasi dan sayuran jangan dipaksa. Yang terpenting untuk Anda sebagai orangtua tentunya mengetahui mana makanan yang baik untuk anak dan yang tidak baik untuk kesehatannya.
  • Jangan memaksa anaka makan sayuran, jangan ia dipaksa, tapi diajarkan sedikit demi sedikit untuk mengonsumsinya sehingga ia tetap mendapatkan asupan yang cukup.
Jika Anak Bertubuh Kurus | Blog Adhwa | 5
Comments
0 Comments

Back To Top