Gejala Radang Selaput Otak Yang Sering Dianggap Sepele

Advertisement
Gejala Radang Selaput Otak Yang Sering Dianggap Sepele – Baru-baru ini kita kerap dihebohkan dengan penyakit yang membuat artis sekaligus pelawak Indonesia meninggal dunia yaitu Olga Syahputra. Radang selaput otak atau dalam istilah medis disebut Meningitis ini merupakan penyakit yang disebabkan karena Bakteri Streptococcus Pneumoniae. Bakteri ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dimana ia akan menyerang saluran pernapasan atas yang kemudian berjalan menuju otak hingga menyebabkan meningitis.

Lalu yang perlu dipertanyakan apakah penyakit meningitis ini menular? Jawabannya Ya. Meningitis dapat menular melalui cairan ludah, ingus dan kontak fisik lainnya. Untuk mencegah penularan virus penyebab meningitis, kebersihan tubuh menjadi hal yang utama agar terhindar dari resiko infeksi. Adapun gejala radang selaput otak diantaranya seperti dibawah ini.

Gejala Radang Selaput Otak
Radang Selaput Otak

Gejala Radang Selaput Otak Yang Jarang Diketahui


Dalam fase ini, gejala yang dialami tergolong gejala meningitis ringan dimana seseorang akan mengalami beberapa gejala seperti berikut:

1. Demam, Tangan dan Kaki Dingin
2. Sakit Kepala
3. Mual-mual
4. Muntah
5. Leher terasa kaku

Dari gejala radang ringan tersebut akan memicu timbulnya radang selaput otak dalam fase berbahaya. Berikut ini gejala yang dialami pada penderita meningitis menuju fase berbahaya:

1. Sering merasa ngantuk dan sulit untuk dibangunkan
2. Sensitifitas terhadap cahaya meningkat (fotofobia)
3. Wajah pucat dan berjerawat
4. Terdapat bintik /ruam pada kulit
5. Mudah tersinggung

Jika beberapa gejala diatas mulai anda rasakan, maka sebaiknya anda periksakan kondisi kesehatan untuk mendeteksi apakah anda terkena penyakit berbahaya ini atau tidak. Jika memang positif terkena radang selaput otak, maka bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin sehingga penyakit tersebut dapat dengan cepat disembuhkan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah radang selaput otak.

Cara Mencegah Radang Selaput Otak

1. Tingkatkan Kebersihan
Menjaga kebersihan tubuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mencegah transmisi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan meningitis. Sebelum makan, cuci tangan hingga bersih dan pastikan pada bagian sela-sela kuku juga bersih untuk mencegah masuknya virus melalui tangan ketika kita makan.

2. Tutup Hidung Dan Mulut
Ketika kita bersin atau batuk sebaiknya menutup hidung dan mulut untuk mencegah menyebarnya virus penyebab meningitis. Cara ini memang terbilang sederhana namun dampaknya sangat besar bagi kesehatan.

3. Hindari Berbagi Alat Makan
Berbagai alat makan seperti piring, gelas, sendok, sedotan, hingga rokok dapat menjadi tempat menularnya virus dan bakteri untuk itu hindari hal-hal tersebut.

4. Gunakan Antibiotik
Ketika anda bersama orang-orang yang terkena virus, gunakan antibiotik agar anda tidak tertular penyakit tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertularnya virus radang selaput otak karena penyebaran virus tersebut tergolong sangat mudah.
Gejala Radang Selaput Otak Yang Sering Dianggap Sepele | Blog Adhwa | 5
Comments
0 Comments

Back To Top