Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal

Advertisement
Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal – Dalam kehidupan nyata, hampir semua yang ada dibumi memiliki peran dan fungsinya masing-masing, sebagai contoh Daun Sirih. Daun Sirih atau Piper Betle L merupakan jenis daun yang dihasilkan dari tanaman asli Indonesia dan khasiat daun sirih ini biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu jenis penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan daun sirih adalah Diare.

Diare atau yang lebih dikenal dengan sebutan mencret adalah penyakit yang disebabkan karena terjadinya gangguan pada sistem pencernaan sehingga membuat kita sering buang air besar. Selain itu, adapun beberapa manfaat daun sirih yang jarang kita ketahui dan salah satunya yaitu sebagai berikut:

Khasiat Daun Sirih
Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal

1. Mengobati Sakit Asma
Khasiat daun sirih dipercaya dapat mengobati penyakit asma. Penderita asma biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti sesak napas, napas terasa pendek dan tersenggal-senggal hingga sulit melakukan kegiatan berat. Untuk mengatasi penyakit tersebut, Anda bisa mengolah daun sirih dengan cara direbus hingga mendidih kemudian air rebusan tersebut Anda minum 2 – 3 kali sehari.

2. Mengobati Radang Tenggorokan
Selain asma, khasiat daun sirih juga kerap digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Meskipun radang bukan merupakan penyakit kronis, namun gejala yang ditimbulkan kerap mengganggu aktifitas sehingga Anda perlu melakukan penanganan yang serius. Olah daun sirih menjadi obat yaitu dengan direbus dan diminum secara rutin maka dalam beberapa hari radang tenggorokan akan segera sembuh.

3. Mengobati Sakit dan Iritasi Mata
Khasiat daun sirih selanjutnya yaitu mengobati sakit dan iritasi pada mata. Jika Anda kerap merasa sakit pada mata Anda, cobalah menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Iritasi mata biasanya disebabkan karena mata terlalu sering terbuka sehingga menyebabkan berbagai iritasi seperti gatal, mata merah dan terasa pedih. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan daun sirih yang direbus dan air rebusan tersebut Anda teteskan pada mata atau untuk mengompresnya.

4. Melancarkan Haid
Bagi wanita, daun sirih memiliki manfaat yang baik terutama untuk mengatasi masalah haid. Khasiat daun sirih berperan sebagai pengganti jamu yang kabarnya dapat melancarkan haid dan hal ini terbukti dari banyaknya produk pelancar haid yang menggunakan bahan dasar daun sirih. Cara menggunakannya, ambil 3-5 daun sirih kemudian rebus hingga mendidih dan minum air rebusannya selama masa haid.

5. Menghilangkan Bau Mulut
Khasiat daun sirih yang jarang diketahui yaitu dapat menghilangkan bau mulut terutama ketika Anda mengkonsumsi makanan yang berbau seperti petai dan jengkol. Khasiat daun sirih ini dapat Anda peroleh dengan cara penggunaan yang hampir sama dengan khasiat daun sirih lainnya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih kemudian air rebusan daun sirih itu Anda gunakan untuk berkumur maka akan menghilangkan bau tak sedap pada mulut.
Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Herbal | Blog Adhwa | 5
Comments
0 Comments

Back To Top